Bagi PPOB Bank Lain Yg Merasa Kecewa Dgn Pelayanan PPOB nya Bisa Migrasi Di Sini. Kami Berikan Yg Terbaik !!!

Modul PPOB

Pendahuluan.

1.  Pastikan  Mac  address  atau  volume  harddisk  komputer  yang  akan  digunakan
     sudah didaftarkan kepada Administrator Sistem Tektaya

2.  Pastikan  Tanggal  Sistem  komputer  yang  akan  digunakan  sudah  benar  (sesuai
    dengan tanggal berjalan).


MENU LOGIN APLIKASI GATEPAY/ARTHAKU

A. .Akses Aplikasi Gatepay
1.  Pilih me|Gatepay, maka dilayar akan terlihat tampilan seperti dibawah ini :

2.  Isi kolom nu Start user-ID dengan user yang sudah didaftarkan oleh adminitrator Sistem Tektaya
3.  Isi  kolom  Password  dengan  password  sudah  didaftarkan  oleh  adminitrator  Sistem Tektaya
4.  Sebelum  menekan  tombol  OK,  Pastikan  system  ready  dan  status  koneksi  sudah  7 :connected
5.  Tekan Tombol Ok, untuk mengakses Aplikasi Gatepay, atau Tekan Tombol Keluar jika
     ingin membatalkan mengakses Sistem Gatepay.

B. Menu Utama Aplikasi Gatepay
     Setelah Proses Login Sukses, maka dilayar akan terlihat  tampilan seperti dibawah ini :


C.
Transaksi pembayaran tagihan PLN
Menu utama tagihan PLN

1.  Transaksi Pembayaran Billing PLN

Transaksi pembayaran tagihan PLN terdiri dari menu pembayaran billing,
prabayar/token dan non taglis/non rekening. Pembayaran billing dapat dilakukan
dengan cara sbb:
1.  Tekan Tombol Transaksi | PLN , kemudian pilih tab pembayaran billing, maka di
     layar akan terlihat  tampilan seperti diatas
2.  Input  nomor  rekening  listrik  atau  no  meter  listrik  pada  kolom  ID  Pelanggan,
     kemudian tekan Tombol Enter
3.  Informasi  tagihan,  seperti  nama  pelanggan,  tarif  dan  jumlah  tagihan  akan
     ditampilkan  secara otomatis pada masing-masing kolom
4.  Tekan  Tombol  Bayar  untuk  melunasi  tagihan,  atau  tekan  Tombol  Ulang  untuk
     membatalkan transaksi.
5.  Tombol  Cetak  Ulang  digunakan  untuk  mencetak  ulang  tanda  terima,  jika
     terjadi masalah pada proses pencetakan.
6.  Tombol Kalkulator digunakan untuk membantu menghitung uang kembalian.
7.  Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu pembayaran tagihan PLN



PLN KOLEKTIF


Cara untuk menggunakan Sistem Kolektif :

1.Pilih menu kolektif
2.Pilih Pendaftaran Kolektor Baru
3.Masukkan Data Kolektor kemudian tekan Simpan Data
4.Sistem akan memberikan Kode Kolektor

CARA INPUT Data Kolektor :

1.Masuk ke Sub Menu Kolektif - Pilih data ID Pelanggan
2.Masukkan Kode Kolektor kemudaian Enter
3.Masukkan ID Pelanggan kemudian Klik Simpan Data

CARA MELIHAT Data Kolektor :
1.Masuk pada sub menu Kolektif
2.Masukkan kode kolektor
3.Pilih Ambil Data ID Pelanggan
4.Pilih ambil Data Tagihan





2.  Transaksi pembayaran  tagihan  PLN   prabayar/ token  dapat dilakukan dengan  cara
sbb:
1.  Tekan  Tombol  Transaksi  |  PLN,  kemudian  pilih  tab  prabayar/  token,  maka  di
     layar akan terlihat  tampilan di atas
2.  Input nomor meter listrik pada kolom no meter, kemudian tekan Tombol Enter
3.  Input nominal token yang akan di beli ( min 20.000 – max 1.000.000 )
4.  Di  kotak  setelah  kotak  nominal  akan  muncul  no  meter/  id  pelanggan,  nama
     pelanggan, no token
5.  Tekan Tombol Proses Bayar untuk melunasi tagihan
6.  Tombol  Cetak  Ulang  digunakan  untuk  mencetak  ulang  tanda  terima,  jika
      terjadi masalah pada proses pencetakan.
7.  Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu pembayaran tagihan PLN.
 
 
3.  Transaksi pembayaran Non taglis/ Non rekening


D.Transaksi pembayaran tagihan Telkom
    Menu utama pembayaran tagihan telkom

Transaksi pembayaran tagihan Telkom dapat dilakukan dengan cara sbb :
1.  Tekan Tombol Transaksi | Telkom , maka di layar akan terlihat  tampilan seperti
    dibawah ini



2.  Masukan kode area pada kolom pertama, dan nomor telpon pada kolom
     kedua, akhiri dengan menekan tombol Enter
3.  Jika nomor yang dimasukan benar maka Informasi nama pelanggan, divre,
    datel, bulan tagih dan besar tagihan akan ditampilkan secara otomatis
4.  Tekan Tombol Bayar untuk melunasi tagihan tersebut, atay tekan Tombol Ulang
     untuk membatalkan proses pelunasan tagihan.
     a.  Tombol  Cetak  Ulang  digunakan  untuk  mencetak  ulang  tanda  terima,  jika
          terjadi masalah pada proses pencetakan.
     b.  Tombol  Keluar  digunakan  untuk  keluar  dari  menu  pembayaran  tagihan
          Telkom

E. Transaksi pembayaran Isi Ulang Voucher
     Menu utama pembayaran isi ulang voucher
Transaksi pembelian voucher hp  dapat dilakukan dengan cara sbb :
1.  Tekan Tombol Transaksi | Voucher , maka di layar akan terlihat  tampilan seperti
     dibawah ini
2.  Check list kolom cetak resi jika menghendaki tanda terima
3.  Input Nomor HP pada kolom Nomor Hp, kemudian akhiri dengan menekan tombol
      Enter
4.  Input  Kode  Produk  pada  kolom  Kode  produk,  daftar  kode  produk  dapat  dilihat
     dengan memberi check list pada kolom Lihat daftar harga voucher
5.  Tekan  Tombol  TopUp  untuk  menambah  pulsa  atau  tekan  Tombol  Ulang  untuk
     membatalkan pengisian pulsa
6.  Tombol  Cek  Status  digunakan  untuk  mengetahui  status  pengisian  pulsa,  apakah
     sukses TopUp atau gagal TopUp.
7.  Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu Pembelian Voucher
F. Pembayaran Tagihan Pembiayaan / Multi Billing
 
Tagihan Pembiayaan yang dapat di bayarkan melalui system multi billing, terdiri dari
WOM, PDAM Banyumas, T Cash, dll.
Pembayaran Tagihan Pembiayaan dapat dilakukan dengan cara sbb :
1.  Tekan Tombol Transaksi | United Bill,maka di layar akan terlihat  tampilan seperti
     dibawah ini
2.  Input jenis tagihan / produk, dengan cara memilih data yang terdaftar pada
      kolom Nama Tagihan / Produk, contoh nya WOM Finance
3.  Input nomor pelanggan, akhiri dengan menekan Tombol Enter, maka data
      tagihan akan ditampilkan pada kolom Detail tagihan.
4.  Tekan Tombol Bayar untuk melunasi tagihan, atau tekan tombol Ulang untuk
     membatalkan pembayaran.
5.  Tombol  Cetak  Ulang  digunakan untuk  mencetak ulang  tanda terima, jika  terjadi
     masalah pada proses pencetakan.
6.  Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu pembayaran tagihan United Bill

Cek  Transaksi
Di menu cek transaksi terdapat beberapa menu yaitu : cetak ulang PLN, cetak ulang
PLN Token, cek sataus voucher dan cetak ulang Telkom

Menu Cek Transaksi digunakan untuk mengetahui status transaksi, terdiri dari Cetak
Ulang PLN dan Cek Status Voucher
Cetak Ulang PLN dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.  Tekan Tombol Cek Transaksi | Cetak Ulang PLN , maka di layar akan terlihat
      tampilan seperti dibawah ini
2.  Masukan  tanggal  transaksi    dan  ID  Pelanggan,  akhiri  dengan  menekan  Tombol
     Enter
3.  Jika data sudah terbayar, maka informasi  nama pelanggan, tarif,  jumlah  tagihan
     dan lain sebagainya akan ditampilkan secara otomatis pada kolom yang tersedia.
4.  Jika  data  belum terbayar  maka akan ditampilkan  pesan  bahwa  transaksi belum
     dilakukan
5.  Tekan  Tombol  Cetak  untuk  melakukan  pencetakan,  atau  Tekan  Tombol  Ulang
     untuk membatalkan proses pencetakan
6.  Tombol keluar digunakan untuk keluar dari menu Cetak Ulang PLN
Cetak Ulang PLN token  dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.  Tekan Tombol Cek Transaksi | Cetak Ulang PLN /token, maka di layar akan terlihat
      tampilan seperti dibawah ini
2.  Masukan no meter  dan nominal, akhiri dengan menekan Tombol Enter
3.  Jika data sudah terbayar, maka informasi  nama pelanggan, tarif,  jumlah  tagihan
     dan lain sebagainya akan ditampilkan secara otomatis pada kolom yang tersedia.
4.  Jika  data  belum terbayar  maka akan ditampilkan  pesan  bahwa  transaksi belum
     dilakukan
5.  Tekan  Tombol  Cetak  untuk  melakukan  pencetakan,  atau  Tekan  Tombol  Ulang
      untuk membatalkan proses pencetakan
6.  Tombol keluar digunakan untuk keluar dari menu Cetak Ulang PLN
Cek Status Voucher dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.  Tekan Tombol Cek Transaksi | Cek Status Voucher , maka di layar akan terlihat
      tampilan seperti dibawah 


2.  Pilih tanggal transaksi
3.  Masukan nomor HP dan kode produk
4.  Tekan tombol Proses untuk mengetahui status pengisian voucher, atau tekan
      tombol ulang untuk membatalkan proses pencarian.
5.  Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu cek status voucher





H.Reporting
    Menu Reporting digunakan untuk mengetahui rincian  transaksi yang dilakukan pada
    hari yang bertalian atau hari sebelumnya.  Di menu reporting terdapat beberapa
    rincian yaitu:
1.Tekan Tombol Report pada menu utama dan tekan menu rincian transaksi dan
   lainnya, maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini


2.  Pilih laporan rincian
3.  Masukan tanggal transaksi dan klik OK
4.  Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu report.

Dan untuk rincian lainnya pun sama bisa di lihat di menu report di menu utama
payment point online.





I. Cek  Saldo
   Menu ini digunakan untuk mengetahui sisa saldo buffer masing-masing outlet:





J. Ubah Password
    Menu ini digunakan untuk merubah password petugas loket, perubahan password
    dapat dilakukan dengan cara sbb :
Tekan Tombol Ubah Password, maka di layar akan terlihat  tampilan seperti
dibawah ini,
Masukan password lama dan password baru maximal 6 digit kemudian tekan tombol OK, maka
password akan berubah.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

loket mitra skm Id 538700101,saya belum bisa deposit karena ingin coba lihat dengan Id
pelanggan Pln wilayah sumatera selatan kota lubuklinggau apa sudah bisa diakses