1. Pastikan Mac address atau volume harddisk komputer yang akan digunakan
sudah didaftarkan kepada Administrator Sistem Tektaya
dengan tanggal berjalan).
MENU LOGIN APLIKASI GATEPAY/ARTHAKU
A. .Akses Aplikasi Gatepay
1. Pilih me|Gatepay, maka dilayar akan terlihat tampilan seperti dibawah ini :3. Isi kolom Password dengan password sudah didaftarkan oleh adminitrator Sistem Tektaya
4. Sebelum menekan tombol OK, Pastikan system ready dan status koneksi sudah 7 :connected
5. Tekan Tombol Ok, untuk mengakses Aplikasi Gatepay, atau Tekan Tombol Keluar jika
ingin membatalkan mengakses Sistem Gatepay.
B. Menu Utama Aplikasi Gatepay
Setelah Proses Login Sukses, maka dilayar akan terlihat tampilan seperti dibawah ini :
C. |
Transaksi pembayaran tagihan PLN |
Transaksi pembayaran tagihan PLN terdiri dari menu pembayaran billing, |
prabayar/token dan non taglis/non rekening. Pembayaran billing dapat dilakukan |
dengan cara sbb: |
1. Tekan Tombol Transaksi | PLN , kemudian pilih tab pembayaran billing, maka di |
layar akan terlihat tampilan seperti diatas 2. Input nomor rekening listrik atau no meter listrik pada kolom ID Pelanggan, kemudian tekan Tombol Enter 3. Informasi tagihan, seperti nama pelanggan, tarif dan jumlah tagihan akan ditampilkan secara otomatis pada masing-masing kolom 4. Tekan Tombol Bayar untuk melunasi tagihan, atau tekan Tombol Ulang untuk membatalkan transaksi. 5. Tombol Cetak Ulang digunakan untuk mencetak ulang tanda terima, jika terjadi masalah pada proses pencetakan. 6. Tombol Kalkulator digunakan untuk membantu menghitung uang kembalian. 7. Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu pembayaran tagihan PLN PLN KOLEKTIF Cara untuk menggunakan Sistem Kolektif : 1.Pilih menu kolektif 2.Pilih Pendaftaran Kolektor Baru 3.Masukkan Data Kolektor kemudian tekan Simpan Data 4.Sistem akan memberikan Kode Kolektor CARA INPUT Data Kolektor : 1.Masuk ke Sub Menu Kolektif - Pilih data ID Pelanggan 2.Masukkan Kode Kolektor kemudaian Enter 3.Masukkan ID Pelanggan kemudian Klik Simpan Data CARA MELIHAT Data Kolektor : 1.Masuk pada sub menu Kolektif 2.Masukkan kode kolektor 3.Pilih Ambil Data ID Pelanggan 4.Pilih ambil Data Tagihan 2. Transaksi pembayaran tagihan PLN prabayar/ token dapat dilakukan dengan cara sbb: 1. Tekan Tombol Transaksi | PLN, kemudian pilih tab prabayar/ token, maka di layar akan terlihat tampilan di atas 2. Input nomor meter listrik pada kolom no meter, kemudian tekan Tombol Enter 3. Input nominal token yang akan di beli ( min 20.000 – max 1.000.000 ) 4. Di kotak setelah kotak nominal akan muncul no meter/ id pelanggan, nama pelanggan, no token 5. Tekan Tombol Proses Bayar untuk melunasi tagihan 6. Tombol Cetak Ulang digunakan untuk mencetak ulang tanda terima, jika terjadi masalah pada proses pencetakan. 7. Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu pembayaran tagihan PLN. |
3. Transaksi pembayaran Non taglis/ Non rekening
D.Transaksi pembayaran tagihan Telkom
Menu utama pembayaran tagihan telkomTransaksi pembayaran tagihan Telkom dapat dilakukan dengan cara sbb :
1. Tekan Tombol Transaksi | Telkom , maka di layar akan terlihat tampilan seperti
dibawah ini
1. Tekan Tombol Transaksi | Telkom , maka di layar akan terlihat tampilan seperti
dibawah ini
2. Masukan kode area pada kolom pertama, dan nomor telpon pada kolom
kedua, akhiri dengan menekan tombol Enter3. Jika nomor yang dimasukan benar maka Informasi nama pelanggan, divre,
datel, bulan tagih dan besar tagihan akan ditampilkan secara otomatis
4. Tekan Tombol Bayar untuk melunasi tagihan tersebut, atay tekan Tombol Ulang
untuk membatalkan proses pelunasan tagihan.
a. Tombol Cetak Ulang digunakan untuk mencetak ulang tanda terima, jika
terjadi masalah pada proses pencetakan.
b. Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu pembayaran tagihan
Telkom
E. Transaksi pembayaran Isi Ulang Voucher
Menu utama pembayaran isi ulang voucherTransaksi pembelian voucher hp dapat dilakukan dengan cara sbb :
1. Tekan Tombol Transaksi | Voucher , maka di layar akan terlihat tampilan sepertidibawah ini
2. Check list kolom cetak resi jika menghendaki tanda terima
3. Input Nomor HP pada kolom Nomor Hp, kemudian akhiri dengan menekan tombolEnter
4. Input Kode Produk pada kolom Kode produk, daftar kode produk dapat dilihat
dengan memberi check list pada kolom Lihat daftar harga voucher
5. Tekan Tombol TopUp untuk menambah pulsa atau tekan Tombol Ulang untuk
membatalkan pengisian pulsa
6. Tombol Cek Status digunakan untuk mengetahui status pengisian pulsa, apakah
sukses TopUp atau gagal TopUp.
7. Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu Pembelian Voucher
F. Pembayaran Tagihan Pembiayaan / Multi Billing
Tagihan Pembiayaan yang dapat di bayarkan melalui system multi billing, terdiri dari
WOM, PDAM Banyumas, T Cash, dll.Pembayaran Tagihan Pembiayaan dapat dilakukan dengan cara sbb :
1. Tekan Tombol Transaksi | United Bill,maka di layar akan terlihat tampilan seperti
dibawah ini
2. Input jenis tagihan / produk, dengan cara memilih data yang terdaftar pada
kolom Nama Tagihan / Produk, contoh nya WOM Finance3. Input nomor pelanggan, akhiri dengan menekan Tombol Enter, maka data
tagihan akan ditampilkan pada kolom Detail tagihan.
4. Tekan Tombol Bayar untuk melunasi tagihan, atau tekan tombol Ulang untuk
membatalkan pembayaran.
5. Tombol Cetak Ulang digunakan untuk mencetak ulang tanda terima, jika terjadi
masalah pada proses pencetakan.
6. Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu pembayaran tagihan United Bill
Cek Transaksi
Di menu cek transaksi terdapat beberapa menu yaitu : cetak ulang PLN, cetak ulangPLN Token, cek sataus voucher dan cetak ulang Telkom
Menu Cek Transaksi digunakan untuk mengetahui status transaksi, terdiri dari Cetak
Ulang PLN dan Cek Status VoucherCetak Ulang PLN dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Tekan Tombol Cek Transaksi | Cetak Ulang PLN , maka di layar akan terlihattampilan seperti dibawah ini
2. Masukan tanggal transaksi dan ID Pelanggan, akhiri dengan menekan Tombol
Enter
3. Jika data sudah terbayar, maka informasi nama pelanggan, tarif, jumlah tagihan
dan lain sebagainya akan ditampilkan secara otomatis pada kolom yang tersedia.
4. Jika data belum terbayar maka akan ditampilkan pesan bahwa transaksi belum
dilakukan
5. Tekan Tombol Cetak untuk melakukan pencetakan, atau Tekan Tombol Ulang
untuk membatalkan proses pencetakan
6. Tombol keluar digunakan untuk keluar dari menu Cetak Ulang PLN
Cetak Ulang PLN token dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Tekan Tombol Cek Transaksi | Cetak Ulang PLN /token, maka di layar akan terlihat
tampilan seperti dibawah ini2. Masukan no meter dan nominal, akhiri dengan menekan Tombol Enter
3. Jika data sudah terbayar, maka informasi nama pelanggan, tarif, jumlah tagihan
dan lain sebagainya akan ditampilkan secara otomatis pada kolom yang tersedia.
4. Jika data belum terbayar maka akan ditampilkan pesan bahwa transaksi belum
dilakukan
5. Tekan Tombol Cetak untuk melakukan pencetakan, atau Tekan Tombol Ulang
untuk membatalkan proses pencetakan
6. Tombol keluar digunakan untuk keluar dari menu Cetak Ulang PLN
Cek Status Voucher dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : |
1. Tekan Tombol Cek Transaksi | Cek Status Voucher , maka di layar akan terlihat |
2. Pilih tanggal transaksi
3. Masukan nomor HP dan kode produk
4. Tekan tombol Proses untuk mengetahui status pengisian voucher, atau tekan
tombol ulang untuk membatalkan proses pencarian.
5. Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu cek status voucher
H.Reporting
Menu Reporting digunakan untuk mengetahui rincian transaksi yang dilakukan pada
hari yang bertalian atau hari sebelumnya. Di menu reporting terdapat beberapa
rincian yaitu:
1.Tekan Tombol Report pada menu utama dan tekan menu rincian transaksi dan
lainnya, maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini
2. Pilih laporan rincian
3. Masukan tanggal transaksi dan klik OK
4. Tombol Keluar digunakan untuk keluar dari menu report.
•
Dan untuk rincian lainnya pun sama bisa di lihat di menu report di menu utama
payment point online.
I. Cek Saldo
Menu ini digunakan untuk mengetahui sisa saldo buffer masing-masing outlet:
J. Ubah Password
Menu ini digunakan untuk merubah password petugas loket, perubahan passworddapat dilakukan dengan cara sbb :
Tekan Tombol Ubah Password, maka di layar akan terlihat tampilan seperti
dibawah ini,Masukan password lama dan password baru maximal 6 digit kemudian tekan tombol OK, maka
password akan berubah.
1 komentar:
loket mitra skm Id 538700101,saya belum bisa deposit karena ingin coba lihat dengan Id
pelanggan Pln wilayah sumatera selatan kota lubuklinggau apa sudah bisa diakses
Posting Komentar