Bagi PPOB Bank Lain Yg Merasa Kecewa Dgn Pelayanan PPOB nya Bisa Migrasi Di Sini. Kami Berikan Yg Terbaik !!!

SMS PAYMENT

PETUNJUK TEKNIS LAYANAN SMS PAYMENT

Layanan SMS PAYMENT  adalah suatu layanan pembayaran/pembelian produk PLN dengan menggunakan media SMS.  Jenis layanan yang dapat dilakukan melalui SMS PAYMENT  terdiri dari :
  1. Pembayaran tagihan rekening listrik (Postpaid) ( wilayah Jawa Bali, Lampung, Kaltim, Kalsel, NTB).
  2. Pembelian Token untuk Listrik prabayar (Prepaid) (wilayah Jawa Bali, Lampung, Kaltim, Kalsel, NTB).
  3. Pembayaran Non Tagihan Listrik seperti  tambah daya, pasang baru dan lain-lain (Wilayah Jawa Barat).
Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan layanan SMS PAYMENT  adalah sebagai berikut :
I.    Registrasi
Setiap orang atau lembaga yang akan memanfaatkan layanan SMS Payment di haruskan untuk melakukan registrasi. Selain untuk proses administrasi, registrasi dilakukan untuk membatasi  kiriman sms dari user yang tidak terdaftar, hal ini dilakukan untuk mereduksi biaya pengiriman sms dan menjaga performance sistem.
Registrasi dapat dilakukan dengan cara :
  1. Mengisi formulir registrasi, formulir registrasi dapat diperoleh di tempat yang telah ditetapkan.
  2. Menyerahkan photo copy tanda pengenal (KTP / SIM)
  3. Menyetorkan deposit untuk melakukan transaksi
Setelah registrasi di setujui maka pelanggan akan mendapatkan user id dan password untuk melakukan transaksi melalui SMS PAYMENT.
Registrasi di lakukan ke : email : admin@biippob.com  atau sms/phone : 0852.3101.5577

Dengan format:
Nama Loket:
Nama Pemilik:
Alamat Loket:
No.HP . (Disarankan IM3)



II.   Deposit
Deposit adalah Dana yang harus disetorkan oleh pelanggan ke rekening  PT. Teknologi Cipta Raya  pada Bank NISP, Bank Mandiri  dan Bank BRI  . Jumlah deposit tidak dibatasi, dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan penyetor.

III. Perangkat
Perangkat yang diperlukan untuk menjalankan SMS PAYMENT  adalah  handphone dengan sim card GSM ataupun CDMA yg dapat digunakan utk mengirim dan menerima sms.

IV.  SMS Center
Nomor yg digunakan sebagai tujuan sms adalah 0857.80.555.118 (SMS CENTER)



V. Password Transaksi
Password transaksi Default gak bisa dirubah yaitu 1111 

V. Format Message Kirim
1.  pembayaran tagihan rekening listrik (Pln Postpaid ) format message yang harus di   tuliskan adalah sbb :
-          Inquery tagihan : inqpln1.idpelanggan.password
Contoh : inqpln1.53567907036.1111
-          Payment tagihan : paypln1. Idpelanggan.password
Contoh : paypln1.53567907036.1111
2.   Untuk  pembayaran non Tagihan listrik (Pln Nontaglis) format message yang harus di  tuliskan adalah sbb
-          Inquery tagihan : inqpln2.no registrasi.password
Contoh : inqpln2.80532011314920072010.1111
-          Payment tagihan : paypln2.no registrasi.password
Contoh : paypln2.80532011314920072010.1111
3.  Untuk  pembelian  Token  (Pln Prepaid ) format message yang harus di   tuliskan adalah sbb :
-          Inquery tagihan : inqpln3.nomor meter.idpelanggan.rupiah bayar.password
Contoh : inqpln3.01328429327.20000.1111
-          Payment tagihan : paypln3. nomor meter.idpelanggan.rupiah bayar.password
Contoh : paypln3.01328429327.20000.1111

VI.   Advice/cek status
Adalah sms permintaan informasi mengenai  status pembayaran rekening  tagihan listrik maupun non tagihan listrik , serta status pembelian token. Advice dapat dilakukan oleh pelanggan maupun petugas putus sambung.
Advice dapat dilakukan dengan format message  sbb :
-          Cek status pembelian token                    : cekpln3.<no.meter>.<denom>.<pin>
contoh : cekpln3.01328429327.20000.1111
-          Cek status pembayaran tagihan            : cekpln1.<idpel>.<pin>
Contoh : cekpln1. 53567907036.1111
-          Cek status pembayaran non tagihan    : cekpln2.<no.registrasi>.<pin>
Contoh : cekpln2. 80532011314920072010.1111

VII.  Cek Saldo
Untuk mengetahui jumlah saldo deposit, dapat dilakukan dengan menggunakan format sms sbb :
Ceksaldo.<pin pengirim>
Contoh : ceksaldo.1111

VIII. UBAH PIN
UBAHPIN[titik]PIN_BARU[titik]PIN   .::contoh : UBAHPIN.1234.1111

IX.   Pencetakan Struk (Tanda Terima)
Dilakukan cetak / tulis manual seperti contoh berikut :
Contoh Format SMS diterima : 

Dari Format di atas dapat di Forward/Alihkan lewat 
sms ke HP Pelanggan,atau di salin ke Struk Manual seperti
 
contoh di bawah ini :


(Sedang Dalam Proses! : Jika diperlukan fisik struk untuk pembayaran maupun pembalian
produk PLN yang dilakukan melalui SMS PAYMENT, pelanggan bisa mendapatkan struk tersebut
di agen Tektaya terdekat dengan menginformasikan Id pelanggan untuk pembayaran tagihan listrik,
nomor meter/idpelanggan untuk pembelian Token (Listrik Pra Bayar) dan nomor registrasi
untuk pembayaran non tagihan listrik. Sesuai dengan ketentuan dari PLN, pencetakan struk
hanya dapat dilakukan pada hari yang sama dengan pembayaran.)


IX.  Layanan Komplain
Jika terjadi masalah terkait dengan pembayaran maupun pembelian produk PLN melalui SMS PAYMENT maka pelanggan dapat mengajukan komplain kepada  PT. Teknologi Cipta melalui telpon maupun sms ke Nomor  : 02276434383

Tidak ada komentar: